LANTIK 72 BPD TERPILIH, BUPATI JELASKAN PERAN STATEGIS BPD

HUMAS BANGKALAN- Bupati Bangkalan R.Abdul Latif Amin Imron, melantik sebanyak 72 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terpilih tahun 2020. Pelantikan yang dilaksanakan di Pendopo Agung Bangkalan, Senin 28 Desember 2020, selain dihadiri oleh perwakilan BPD terpilih juga dihadiri secara langsung oleh para Camat dan kepala desa.

Dalam sambutannya Bupati Bangkalan mengatakan, Bahwa pelantikan BPD dilaksanakan secara demokratis dan memiliki peranan yang strategis. "Jadi peran BPD ini tidak hanya menyiapkan pembentukan panitia pemilihan kepala desa saja. BPD juga berperan untuk menyelenggarakan musyawarah desa terkait hal strategis, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, menyusun dan membahas serta menyepakati peraturan desa serta RPJM Desa, RKP desa serta APBD desa termasuk didalamnya mengawasi kinerja kepala desa,"jelas Ra Latif. karena itu dalam kesempatan pelantikan tersebut Ra Latif menekankan agar BPD yang terpilih dapat melaksanakan tugas dan menjalankannperannya dengan sungguh-sungguh. "Karena terpilihanya saudara secara demokratis merupakan amanah dari masyarakat desa yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan pengabdian," kata Ra Latif.

Sedangkan, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Akhmad Ahadiyan Hamid mengatakan anggota BPD terpilih yang dilantik tersebut, berasal dari 14 Desa dari 8 Kecamatan di Bangkalan, termasuk PAW BPD dari 3 Desa 3 Kecamatan. "Pada dasarnya pelantikan ini merupakan rangkaian pelaksanaan dari tahapan pelaksanaan pengisisan anggota BPD yang telah diselengarakan dan mengacu pada peraturan Menteri Dalam Negeri No. 110 Tahun 2016 tentang BPD dan Peraturan Bupati Bangkalan No.67 Tahun 2020 tentang petunjuk teknis pengisian anggota BPD tahun 2020," ujarnya.